Fakta Terungkap Alkohol Sebabkan Gagal Ginjal - Yayasan Ginjal Indonesia

17/03/2021

17 Maret 2021

Yagin, Jakarta – Sudah bukan rahasia lagi bila minuman keras atau alkohol dapat memengaruhi kesehatan ginjal. Minum sedikit alkohol, misalnya satu atau dua gelas sesekali, mungkin tidak akan menyebabkan efek serius. Namun, minum-minuman keras secara berlebihan, hingga lebih dari empat botol setiap hari, dapat merusak fungsi ginjal kamu. Bahkan, bukan tidak mungkin dapat memicu Gagal Ginjal. Simak penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

The Centers for Disease Control memperkirakan bahwa kebanyakan orang dewasa di Amerika (dua dari 3 orang) minum alkohol. Biasanya, beberapa peminum rutin ini dapat mengonsumsi lima minuman sekaligus. Faktanya, sekitar seperempat peminum mengaku bahwa mereka melakukan hal tersebut setidaknya satu hari dalam setahun terakhir.

Binge-drinking dapat memberikan efek berbahaya pada ginjal yang bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal akut, yaitu penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba. Kondisi tersebut dapat pulih setelah beberapa waktu, tetapi kadang-kadang juga dapat mengakibatkan kerusakan ginjal yang permanen.

Tidak perlu sampai binge-drinking, terlalu sering minum-minuman keras secara berlebihan juga dapat merusak ginjal. Kerusakan mungkin terjadi secara bertahap. Namun, minum berat secara teratur telah terbukti dapat menggandakan risiko penyakit ginjal kronis yang tidak akan pulih seiring waktu.

Risiko yang lebih tinggi untuk masalah ginjal juga ditemukan pada peminum berat yang juga merokok. Peminum berat yang merokok memiliki risiko lima kali lipat untuk mengembangkan penyakit ginjal kronis dibandingkan orang yang tidak merokok atau minum-minuman keras secara berlebihan.

Baca juga:

Alasan Minuman Keras dapat Merusak Ginjal

Ginjal memiliki peran penting untuk menyaring zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu zat tersebut adalah alkohol. Itulah mengapa ginjal peminum berat harus bekerja sangat keras.

Alkohol memengaruhi fungsi ginjal dan membuat organ tersebut kurang mampu menyaring darah. Alkohol juga memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur cairan dan elektrolit dalam tubuh. Ketika alkohol membuat tubuh menjadi dehidrasi, efek ini dapat memengaruhi fungsi normal dari sel dan organ-organ dalam tubuh, termasuk ginjal. Selain itu, alkohol juga dapat mengganggu hormon yang memengaruhi fungsi ginjal.

Terlalu banyak minum-minuman keras juga dapat memengaruhi tekanan darah kamu. Orang yang terlalu banyak minum cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan obat-obatan untuk tekanan darah tinggi juga dapat dipengaruhi oleh alkohol. Tekanan darah tinggi sendiri merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

Mengonsumsi lebih dari dua minuman dalam sehari dapat meningkatkan peluang kamu untuk mengalami hipertensi. Minum alkohol dengan jumlah tersebut juga dapat membuat kamu berisiko mengembangkan tanda penyakit ginjal, yaitu protein dalam urine (albuminuria).

Baca juga:

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Jadi, benar bahwa minuman keras dapat memicu terjadinya gagal ginjal. Namun, kabar baiknya adalah kamu bisa mencegah penyakit tersebut dengan membatasi konsumsi alkohol. Berikut ini batas konsumsi alkohol yang disarankan untuk mencegah penyakit ginjal:

  • Pria dan wanita disarankan untuk tidak minum secara teratur lebih dari 14 unit dalam seminggu.
  • Bila ingin minum sebanyak 14 unit dalam seminggu, bagi jadwal minum kamu selama 3 hari atau lebih.
  • 14 unit setara dengan 6 liter bir berkekuatan sedang atau 10 gelas kecil anggur dengan kandungan alkohol yang rendah.


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia