Berbagai Macam Manfaat Musik Bagi Anak - Yayasan Ginjal Indonesia

10/08/2021
Ada banyak manfaat musik untuk anak. Selain bisa memberikan ketenangan pada anak dan membangkitkan semangatnya, kumpulan dari nada-nada ini juga dapat memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, lho.

Hampir semua orang menyukai musik, termasuk anak-anak. Sadar atau tidak, musik sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Melalui televisi atau gadget, semua orang bisa mendengarkan musik dengan mudah.

Gambar oleh: id.depositphotos.com

Musik memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan anak, bahkan jauh sebelum Si Kecil lahir, Bun. Musik diketahui dapat memberikan dampak positif pada perkembangan janin, jika ia sering diperdengarkan musik. Setelah lahir pun demikian. Musik tetap memberikan manfaat yang luar biasa bagi anak.

Manfaat Musik untuk Anak

Berikut adalah beberapa manfaat musik untuk anak yang perlu Bunda ketahui:

1. Mencerdaskan otak

Rutin mendengarkan musik bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan dan fungsi otak anak. Saat mendengarkan musik, sel-sel otaknya akan lebih aktif bekerja.

Riset menunjukkan bahwa musik berperan dalam menumbuhkan kecerdasan dan meningkatkan memori anak. Tak hanya dari mendengarkan musik, manfaat ini juga bisa dirasakan bila buah hati Bunda gemar bermain alat musik.

Bermain musik sambil melantunkan lagu bisa meningkatkan fungsi otak dan daya ingat Si Kecil, Bun. Karena dengan begitu, secara tidak sadar anak akan berusaha sebaik mungkin untuk menghafal nada dan lirik lagu yang ia nyanyikan.

2. Meningkatkan kemampuan akademis

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, musik bisa memberikan manfaat untuk kecerdasan atau IQ anak. Berbagai riset pun telah membuktikan bahwa anak yang sering mendengarkan atau bermain musik terlihat memiliki prestasi akademik yang lebih baik.

Oleh karena itu, tak heran jika kini banyak sekolah yang mulai menambahkan pelajaran musik pada kurikulum pendidikannya. Melalui musik, anak juga bisa menentukan minat dan menelusuri bakatnya, termasuk dalam seni musik.

3. Mendukung keterampilan fisik dan perkembangan motorik

Saat ada irama atau lagu kesukaan Si Kecil yang diputar, sontak ia akan bergoyang atau menari mengikuti lantunan lagu. Bergoyang atau menari merupakan salah satu bentuk olahraga yang sehat. Karena itulah, musik bisa memberikan manfaat untuk anak dalam mengembangkan keterampilan fisiknya.

Keuntungan ini juga berlaku jika Si Kecil gemar bermain alat musik. Instrumen tertentu, seperti perkusi, bisa membantu ia mengembangkan koordinasi dan keterampilan motoriknya, Bun.

4. Melatih dan mendidik anak agar bisa bersabar

Saat Si Kecil menyukai salah satu lagu, ia mungkin akan berusaha keras untuk menghafal lirik, nada, dan irama lagu itu. Jika ada alat musik kesukaannya, ia juga bisa tertarik untuk ingin mencoba memainkan lagu tersebut. Hal ini merupakan salah satu proses pembelajaran yang baik untuk melatih kecerdasan dan kesabaran anak.

Namun, terkadang proses belajar tersebut bisa membuat anak menjadi bosan, kecewa, bahkan marah-marah hingga membuatnya tantrum karena tidak bisa menghafal lirik atau memainkan lagu kesukaannya.

Nah, di momen ini, ada peran penting yang bisa Bunda lakukan, yakni membimbing dan mendukung Si Kecil supaya bisa bersabar ketika menghafal lirik atau memainkan lagu kesukaannya, serta menikmati prosesnya. Bunda juga bisa sambil belajar dan menyanyikan lagu itu bersama untuk menyemangati Si Kecil.

Mengajarkan buah hati Bunda tentang nilai kesabaran sangat penting, Bun. Melalui musik, Bunda memberikan pelajaran yang sangat berguna, bahwa segala yang ia inginkan tidak bisa diperoleh dalam waktu yang singkat. Ini juga bisa menjadi salah satu bentuk pola asuh untuk membentuk karakter yang baik pada anak.

5. Meredakan stres dan cemas

Manfaat musik untuk anak yang juga tak kalah penting adalah memperbaiki suasana hatinya. Bila mood Si Kecil sedang tidak baik, Bunda bisa mengajaknya mendengarkan lagu sambil bernyanyi dan bermain.

Karena bisa memengaruhi suasana hati pendengarnya, wajar saja bila musik juga digunakan sebagai salah satu media untuk membantu mencegah dan mengatasi  gangguan mental. Terapi musik terbukti mampu meredakan stres dan kecemasan, serta mencegah depresi pada anak.

Manfaat musik untuk anak sangat beragam ya, Bun. Oleh karena itu, Bunda bisa mulai mengenalkan musik atau mengajarkan Si Kecil bermain alat musik sedini mungkin. Siapa tahu seni musik merupakan salah satu bakat yang dimiiliki oleh buah hati Bunda.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang manfaat musik untuk anak atau pilihan jenis musik apa yang cocok untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter atau psikolog yang khusus mendalami tumbuh kembang anak.

Sumber: Alodokter

Edit by: Risma Andira


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia