Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Meski Sedang Berpuasa - Yayasan Ginjal Indonesia

12/04/2021

12 April 2021

Yagin, Jakarta – Ginjal bekerja keras untuk membuang semua kelebihan garam dan air yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Selama proses ini, ginjal pun turut menghilangkan racun yang jika tidak dibuang akan mengalami penumpukan dan mempengaruhi kesehatan tubuh. Ginjal juga berperan mengendalikan keasaman darah dan tingkat tekanan darah.

Child looks with disgust for food.

Ketika terjadi gagal ginjal tubuh secara harfiah telah kewalahan oleh kelebihan air, garam, dan racun. Artinya, ketiga zat ini berhasil mengalahkan setiap organ dan sistem tubuh lainnya. Pekerjaan ginjal mungkin tidak keren yang menjadi pekerjaan jantung. Namun, organ ini juga sama pentingnya untuk menunjang kesehatan tubuh.

Ginjal Tetap Sehat Saat Puasa

Nah, puasa menjadi cara untuk mengistirahatkan ginjal dari kerja berat yang biasa ia lakukan sehari-hari. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal meski sedang puasa? Ini tipsnya.

  • Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Meski sedang puasa, kamu tidak boleh melupakan bahwa minum cukup air juga membantu tubuh tetap terhidrasi. Ini membantu ginjal tetap berfungsi dengan baik, karena turut memengaruhi warna urine nantinya. Jika urine berwarna lebih gelap, tandanya kamu sedang mengalami dehidrasi.

Baca juga: Puasa, Apakah Diperbolehkan Untuk Pasien Gagal Ginjal?

Ketika puasa, tubuh alami kekurangan asupan cairan. Namun, kamu tetap bisa mengatasinya dengan membiasakan minum 8 gelas setiap hari dengan pembagian sebanyak 3 gelas pada waktu berbuka, 2 gelas sebelum tidur, dan 3 gelas ketika makan sahur. Membiasakan ini berarti kamu sudah membantu menjaga kesehatan ginjalmu.

  • Jauhi Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol menjadi sebab utama terjadinya banyak penyakit, tak terkecuali ginjal. Minum terlalu banyak alkohol meningkatkan tekanan darah, sementara tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari terjadinya penyakit ginjal. Begitu pula dengan merokok, jadi sebisa mungkin jauhi keduanya ketika puasa agar ginjal tetap sehat.

  • Jaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal

Periksa tekanan darah kamu secara teratur. Tekanan darah tinggi memang tidak memiliki gejala tetapi dapat menjadi pemicu berbagai macam penyakit, seperti jantung dan ginjal. Jika tekanan darah kamu menunjukkan angka lebih tinggi dari normal, kurangi asupan garam,  makanan berminyak, dan semua hidangan siap saji.

Baca juga: Puasa, Apakah Diperbolehkan Untuk Pasien Gagal Ginjal?

  • Jaga Asupan Nutrisi Harian

Saat sahur dan berbuka, penting untuk kamu memperhatikan apa saja makanan yang kamu makan. Cara menjaga kesehatan ginjal ini terbilang mudah, tetapi masih sering terlupa. Diet seimbang memastikan tubuh kamu mendapatkan semua vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang diperlukan tubuh. Makan buah, sayuran, dan biji-bijian. Hindari makanan berlemak, berminyak, dan makanan asin.

  • Jaga Berat Badan

Hal penting lain yang tidak boleh kamu lupakan adalah menjaga berat badan agar tetap seimbang. Jangan sampai kamu mengalami kegemukan, karena obesitas menyebabkan meningkatnya tekanan darah tinggi, dan dapat memperburuk kesehatan ginjal. Meski sedang berpuasa, kamu mungkin merasa kurang makan, tetapi berat badan bisa saja mengalami kenaikan. Jangan malas olahraga, jalan kaki atau bersepeda saja cukup.

Baca juga: Jaga Kesehatan Ginjal Sedari Dini

Sum ber: halodoc.com

Edit by: Risma Andira


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Nanas No.21, RT.1, RT.1/RW.3, Utan Kayu Selatan, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur – DKI Jakarta

(021) 22325458
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia