Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mata Saat Dirumah - Yayasan Ginjal Indonesia

24/11/2021

Gambar : cnnindonesia.com

Yagin, Jakarta – Sering kali beberapa orang melupakan pentingnya menjaga kesehatan mata. Padahal, kebiasaan sehari-hari seperti menatap layar Gadget, hingga hobi membaca di kegelapan dapat membahayakan kesehatan mata lho. Jika dibiarkan terus, dalam jangka panjang penglihatan Anda akan menurun. Oleh karena itu, simak cara-cara sederhana di bawah ini untuk menjaga kemampuan melihat serta memelihara kesehatan mata Anda.

Merawat kesehatan mata tidak perlu biaya yang mahal dan cara-cara yang rumit. Sebagian besar tips di bawah ini bahkan bisa Anda lakukan di mana pun dan kapan pun.

Berikut adalah berbagai cara mudah yang bisa Anda jajal mulai dari sekarang agar mata senantiasa sehat dan terjaga:

  1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

    Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan makan-makanan sehat untuk mata. Penuhilah piring makan Anda tiap hari dengan sumber makanan tinggi asam lemak omega-3, zink, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid. Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang tidak hanya baik untuk mata, tapi juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari serangan penyakit. Anda bisa memenuhi seluruh asupan gizi ini dari makanan yang sehat untuk mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan lain sebagainya.

  2. Hindari Asap Rokok
    Tahukah Anda bahwa asap rokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan paru-paru dan jantung, namun juga membawa pengaruh buruk pada mata? Ya, tidak banyak yang menyadari bahwa merokok juga bisa mengakibatkan gangguan pada mata. Jika anda tidak menghindari asap rokok segera, tidak menutup kemungkinan gangguan mata dapat berakhir dengan kebutaan. Maka itu, berhenti merokok secepat mungkin guna menjaga kesehatan mata, terutama jika Anda masih muda.

    Apabila Anda bukan perokok aktif, Anda tetap perlu menghindari paparan asap rokok dari orang sekitar. Menjadi perokok pasif atau secondhand smoker bisa sama berbahayanya dengan perokok aktif.

  3. Mengatur Pencahayaan Ruangan yang SesuaiCara lain untuk menjaga agar mata tetap sehat adalah dengan mengatur pencahayaan dalam ruangan. Beraktivitas dalam ruangan dengan pencahayaan yang baik dapat meningkatkan konsentrasi, produktivitas, dan semangat kerja ketimbang dalam ruangan remang-remang.

    Pencahayaan ruangan yang baik juga dapat memelihara kesehatan mata. Sebab terlalu terang bisa membuat silau, sementara sinar yang terlalu keruh membuat penglihatan buram. Keduanya dapat membuat mata lama-lama menjadi lelah.

    Ada beberapa risiko lain yang mungkin terjadi apabila Anda beraktivitas atau suka membaca di ruangan gelap. Mata Anda bisa kering karena dalam cahaya redup mata jadi jarang berkedip. Mata kering bisa membuat penglihatan Anda jadi tidak nyaman.

    Saat mengatur pencahayaan dalam ruangan, Anda juga perlu menyesuaikan dengan kondisi kesehatan mata saat ini. Orang yang punya masalah refraksi (mata minus, plus, atau silinder) mungkin butuh pengaturan cahaya khusus agar dapat melihat dengan baik. Begitu pula dengan yang punya gangguan penglihatan seperti katarak, degenerasi makula, glaukoma, dan kondisi penglihatan lainnya.

  4. Hindari Melihat Layar Gadget Terlalu LamaMustahil rasanya di zaman sekarang untuk beraktivitas tanpa bantuan alat elektronik dan gadget. Namun, pastikan Anda tidak terlalu lama menggunakan gadget terlalu lama. Menatap layar komputer dan gadget terlalu lama bisa mengakibatkan mata lelah, kering, dan tegang. Selain mengalami masalah pada mata, Anda juga bisa terkena beberapa gangguan lainnya seperti:
    • Pandangan Kabur
    • Kesulitan memusatkan perhatian dari kejauhan
    • Sakit kepala
    • Nyeri leher, punggung, dan bahu

    Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit sekali. Coba untuk berjalan-jalan sejenak untuk menghindari kelelahan mata yang parah. Jika Anda pekerja yang menghabiskan waktu di depan komputer, usahakan untuk berjalan-jalan setiap 2 jam sekali selama 15 menit.

  5. Melakukan Senam Mata

    Senam mata dapat dilakukan untuk membantu memelihara kesehatan otot mata. Anda bisa melakukannya di pagi hari, sebelum tidur, atau saat mata terasa lelah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk melakukan senam mata:

    • Sambil duduk santai, tutup mata Anda dan gerakkan mata ke atas sejauh yang Anda mampu. Tahan selama beberapa saat, kemudian turunkan “pandangan” ke bawah. Ulangi beberapa kali kemudian buka mata dan lihat sekitar.
    • Setelah itu, tutup mata Anda kembali. Sambil tetap menutup mata, lirik ke kanan kemudian lirik ke kiri. Ulangi beberapa kali, ganti arah.
    • Buka mata dan lihat sekitar. Kemudian, tutup lagi mata Anda. Sekarang, lirik arah diagonal dari kanan atas ke kiri bawah sambil menutup mata, kemudian ganti kiri atas ke kanan bawah. Ulangi beberapa kali. Buka mata.
    • Terakhir, pejamkan mata dengan kencang lalu berkedip beberapa kali.

     

  6. Tidur yang Cukup

    Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan mata yang akan berpengaruh dalam meningkatkan penglihatan. Tidur dapat membantu mata Anda untuk beristirahat secara total. Setelah seharian digunakan untuk beraktivitas, mata butuh waktu untuk memperbaiki dan memulihkan diri. Saat Anda kurang tidur, otomatis mata tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat. Kondisi ini bisa mengakibatkan melemahnya penglihatan Anda secara perlahan.

    Ditambah lagi, kurang tidur dapat mengakibatkan mata terasa gatal, kering, bahkan mata tampak memerah. Hal ini disebabkan mata tidak menghasilkan air mata yang cukup karena kurang tidur. Akibatnya, mata juga berisiko terkena infeksi. Jadi, pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari. Anda juga bisa mengatur pencahayaan di kamar yang nyaman dan tidak terlalu terang, sehingga Anda lebih mudah terlelap.

  7. Olahraga Teratur

    Cara lain yang tak kalah penting untuk merawat mata agar tetap sehat adalah berolahraga dengan rutin. Bagaimana bisa?

    Banyak penyakit atau gangguan mata yang berhubungan dengan masalah kesehatan lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, serta kolesterol tinggi. Nah, aktivitas fisik yang cukup dapat menjauhkan Anda dari risiko penyakit-penyakit tersebut, sehingga mata Anda pun senantiasa menjadi sehat.

    Olahraga juga dapat menurunkan risiko glaukoma sebesar 25%. Ditambah lagi, berolahraga sebanyak 3 kali seminggu juga memperkecil peluang Anda untuk terkena degenerasi makula di usia tua. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat atau berintensitas tinggi. Aktivitas sederhana seperti berjalan dan naik-turun tangga juga sudah cukup, terutama jika dilakukan dengan rutin.

    Ingatlah untuk menggunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV saat melakukan olahraga di luar ruangan.

  8. Rutin Memeriksakan Mata

    Pemeriksaan mata tidak hanya dilakukan ketika Anda sudah memiliki gangguan pada mata. Namun, hal ini perlu dijadikan kebiasaan dan dilakukan secara berkala.

    Pasalnya, pemeriksaan mata dapat membantu memantau seberapa baik kemampuan penglihatan Anda, serta mendeteksi adanya masalah mata sejak dini. Meski Anda tidak memiliki gejala atau keluhan apapun saat ini, pemeriksaan yang tepat bisa membantu Anda mengetahui adanya gangguan mata yang tidak bergejala.

    Rutin cek mata juga dapat memberi tahu Anda apakah resep kacamata Anda yang sekarang sudah tidak akurat lagi dan perlu diperbarui.

    Itulah tadi berbagai tips untuk menjaga kesehatan mata Anda. Mulailah untuk berkomitmen pada diri sendiri untuk melakukannya tips-tips di atas, agar mata Anda senantiasa sehat dan mampu melihat dengan baik.

 

Sumber : Hellosehat.com

Edit By : Mifta. S


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia