Dampak Buruk Dari Kebiasan Minum sambil Berdiri - Yayasan Ginjal Indonesia

20/12/2021

 

Gambar: Boombastis.com 

 

Yagin, Jakarta – Pada beberapa keadaan, seseorang mau tidak mau harus minum sambil berdiri, misalnya saat menghadiri acara yang kursinya terbatas atau saat sedang terburu-buru. Namun, tidak jarang juga seseorang minum sambil berdiri walaupun tersedia kursi.  Meski pada beberapa keadaan hal ini lebih efisien untuk dilakukan, tapi sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan, ya.

 Akibatnya jika Sering Minum sambil Berdiri

baca juga : Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal dan Ketahui Untuk Cara Mengolahnya

1. Gangguan sistem pencernaan

Kerja sistem pencernaan di dalam tubuh dipengaruhi oleh posisi tubuh ketika makan. Makan sambil berdiri dapat membuat lambung mengosongkan isi perut terlalu cepat. Hal ini membuat lambung tidak punya waktu banyak untuk memecah zat-zat dalam makanan, sehingga nutrisi yang dicerna dan diserap oleh usus menjadi tidak maksimal.

2. Perut kembung

Makanan atau minuman yang tidak tercerna dan terserap dengan baik oleh usus bisa membuat perutmu menjadi kembung, Selain itu, makan atau minum sambil berdiri biasanya akan membuat kamu untuk menelan lebih cepat. Hal ini bisa membuat udara yang masuk ke dalam sistem pencernaan terlalu banyak dan mengakibatkan perut menjadi kembung.

3. Makan berlebihan

Saat kamu makan lebih cepat dari biasanya, hormon yang bekerja mengirimkan sinyal kenyang ke otak jadi tidak memiliki waktu untuk bekerja. Umumnya, saat sinyal tersebut akhirnya muncul, kamu sudah terlanjur makan terlalu banyak.

4. Tersedak

Minum dalam keadaan berdiri, terlebih bila kamu tergesa-gesa, juga dapat membuatmu menjadi tersedak, lho.Meski nampak sederhana, tersendak dapat menimbulkan komplikasi yang bisa mengancam nyawa.

Walaupun memiliki dampak buruk dan dianggap tidak sopan, minum sambil berdiri disarankan pada kondisi tertentu, lho. Risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan akan lebih kecil jika pengosongan lambung berlangsung lebih cepat, sehingga makan sambil berdiri mungkin bisa mencegah hal ini terjadi.

Minum sambil berdiri ataupun duduk punya sisi positif dan negatifnya masing-masing. Jadi, sebenarnya kamu bebas memilih mana yang paling baik untuk kesehatanmu, tapi yang jelas, usahakan untuk minum perlahan-lahan dengan tidak berlebihan.

 

 

Sumber:Alodokter.com

Edit by: Yunianti


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia