Fakta ! Duduk Terlalu Lama Menyebabkan Sakit Pinggang - Yayasan Ginjal Indonesia

30/12/2020

 

30 Desember 2020

Gambar ilustrasi orang duduk oleh bing.com

Yagin, Jakarta – Kalau kamu sering mendengar pernyataan kalau terlalu banyak duduk tidak baik untuk kesehatan, anjuran ini benar adanya. Apalagi kalau ternyata posisi dudukmu salah. Duduk dalam satu posisi terlalu lama tidaklah sehat. Kebiasaan ini bisa membuat punggungmu membulat ke depan.

Bersandar terlalu jauh ke belakang juga memberikan tekanan pada bagian tulang belakang sehingga menyebabkan sakit pinggang dan nyeri punggung lainnya. Informasi selengkapnya mengenai duduk terlalu lama dan hubungannya dengan sakit pinggang bisa dibaca di sini!

Posisi Duduk dan Pengaruhnya Terhadap Sakit Pinggang

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh UCLA Spine Center, terlalu lama duduk dapat menjadi penyebab utama sakit punggung, menyebabkan peningkatan stres pada punggung, leher, lengan dan kaki, serta menambah tekanan yang luar biasa pada otot punggung dan tulang belakang.

Duduk dalam posisi membungkuk dapat meregangkan ligamen tulang belakang dan membebani cakram tulang belakang. Postur duduk yang buruk bisa merusak struktur tulang belakang dan berkontribusi pada episode nyeri punggung atau leher yang berulang.

Lantas, bagaimana posisi duduk yang benar? Untuk membantu kamu duduk lebih tegak, posisikan tubuh di sepanjang garis lurus imajiner yang memanjang sepanjang punggung. Jaga bahu tetap rata dan jangan biarkan panggul berputar ke depan.

Walaupun kamu sudah merasa nyaman pada posisi duduk tertentu, atau seberapa baiknya posisi dudukmu, duduk pada satu posisi terus-menerus tidak baik untuk pinggang dan punggung.

Cobalah mengingat setiap kali duduk terlalu lama untuk berdiri, meregangkan tubuh dan berjalan setidaknya satu atau dua menit setiap setengah jam. Bergerak dan melakukan peregangan secara teratur sepanjang hari membantu menjaga persendian, ligamen, otot, dan tendon tetap fleksibel, yang membantu kamu merasa lebih nyaman, rileks, dan produktif.

 

Cara Mengatasi Sakit Pinggang karena Terlalu Lama Duduk

Selain memperbaiki postur tubuh saat duduk, cobalah pengobatan rumahan berikut untuk nyeri pinggang:

1. Ubah posisi 

Pertimbangkan meja berdiri atau meja yang dirancang secara ergonomis untuk membantu kamu mempertahankan postur tubuh yang baik dengan memungkinkan kamu menyesuaikan ketinggian monitor ataupun meja.

2. Oleskan es

Dingin membantu mengurangi peradangan yang mungkin memengaruhi punggung. Biarkan kompres es selama sekitar 20 menit, lalu keluarkan. Kamu dapat melakukan cara ini setiap satu jam.

3. Gunakan bantal pemanas

Setelah peradangan terkendali (sekitar 24 jam atau lebih), menggunakan bantal pemanas dapat meredakan. Ini juga meningkatkan penyembuhan dengan melancarkan peredaran darah di area pinggang dan punggung.

4. Minum obat pereda sakit 

Jika rasa sakitmu tak tertahankan, cobalah untuk mengonsumsi pereda nyeri seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman dan bengkak.

5. Gunakan sandaran 

Menempatkan handuk yang digulung atau bantal pinggang khusus di dasar tulang belakang saat duduk akan membantu kamu mengingat untuk duduk tegak sekaligus membuat duduk tetap stabil.

6. Dapatkan pijatan

Ini dapat membantu mengendurkan dan mengendurkan otot yang tegang.

7. Melakukan olahraga yoga

Yoga dikenal karena kemampuannya meregangkan dan memperkuat tubuh. Banyak pose yang dapat memungkinkan modifikasi pose sesuai kebutuhan.

Sumber: halodoc.com

Edit by: Risma Andira


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia