Fakta Ginjal yang Tidak Banyak Diketahui - Yayasan Ginjal Indonesia

30/09/2020

hartpatienten.nl

Yagin.co.id – Ginjal merupakan bagian organ vital tubuh yang memiliki peran penting dalam proses penyaringan darah dan cairan lainnya. Ginjal rentan terkena penyakit bila kita tidak memiliki pola hidup yang tidak sehat. Seperti suka konsumsi makanan asin, minum obat-obatan sembarangan atau bahkan
terlalu banyak minum air putih.

Selain itu kamu sudah tahu belum beberapa fakta ginjal di bawah ini? Biar semakin paham, yuk kita simak bersama penjelasannya berikut!

1. Jumlah cairan dan darah yang dikelola ginjal per hari

unsplash.com/@averey

  Setiap harinya terdapat 400 galon darah daur ulang yang diproses oleh ginjal. Kemudian ginjal juga menyaring sekitar 200 liter cairan lain tubuh
yang berada dalam darah. Dari sisi urin, ginjal menyaring dan memperoduksi sekitar 1.000 hingga 2.000 mililiter urin.
Jika dikonversikan kira-kira setiap harinya manusia mengeluarkan 1,5 liter urin.

2. Reaksi ginjal pada beberapa situasi tubuh

health.harvard.edu

  Saat terjadi dehidrasi ginjal akan berhenti memproduksi urin hingga kondisi tubuh kembali normal. Lain halnya saat terjadi tekanan darah dalam ginjal menurun, saat itu ginjal akan mulai mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh sehingga pembuluh darah dapat berubuha menjadi lebih kecil agar tekanan meningkat.

3. Dapat mengambil alih fungsi organ lain

healthday.com

  Ginjal bukan hanya sebagai pusat penyaringan cairan dan darah dalam tubuh, tapi ginjal juga mampu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh kita. Vitamin ini memang biasanya diproduksi oleh sel-sel kulit yang terkena paparan sinar matahari. Namun saat kulit gagal melakukannya pekerjaan
tersebut akan berpindah ke hati. Tetapi jika hati tak juga bisa mengatasinya maka ginjal akan ambil alih dan melanjutkan proses yang seharusnya berjalan.

4. Penampakan wujud ginjal manusia

thefreshtoast.com

  Ginjal berukuran sekitar 12 cm dan tidak lebih besar dari ukuran mouse komputer berukuran standar. Beratnya kurang lebih 4-6 ons atau setara dengan 0,5% dari seluruh berat badan. Ginjal ini terdiri dari 1-2 juta nefron, sistem yang berfungsi untuk penyaringan darah.  Jika nefron dari kedua ginjal dikeluarkan dan ditempatkan secara horizontal panjangnya akan mencapai kira-kira 16 km.

5. Manusia dapat hidup dengan satu ginjal

verywellhealth.com

  Saat lahir ke dunia ada dua ginjal yang berada dalam tubuh manusia. Namun manusia masih dapat bertahan hidup meskipun dengan satu ginjal. Ginjal yang didonorkan atau masalah lain yang membuat ginjal harus diangkat salah satunya hanya mengurangi kinerja keseluruhan sebanyak 25%. Sisa 75% masih dapat bekerja secara maksimal dan mempertahankan hidup.  Ini dapat terjadi karena nefron dapat membesar dan menangani kelebihan beban, kondisi ini disebut hipertrofi. Jadi makin paham nih setelah menyimak informasi ginjal di atas tadi. Semoga dengan semakin mengenalnya kita dapat mempertahankan kesehatan dan kualitas ginjal biar selalu sehat ya.

 

Sumber dari: IDNTIMES.Com ( SA D )

Editor By: Sarmin


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia