Gangguan Fungsi Ginjal yang Dapat Terjadi Saat Hamil - Yayasan Ginjal Indonesia

04/06/2021

Yagin, Jakarta – Saat menjalani kehamilan tentunya ibu perlu lebih waspada dalam menjaga kesehatan. Memiliki kesehatan yang optimal menjadi salah satu cara tepat yang bisa dilakukan agar kehamilan juga berjalan dengan baik. Banyak gangguan yang bisa dialami oleh ibu hamil ketika tidak menjaga kesehatan dengan baik, salah satunya adalah  penyakit ginjal.

sumber: pngdownload.id

Baca jugaJaga Kesehatan Ginjal Sedari Dini

Penyakit ginjal adalah gambaran terhadap gangguan fungsi ginjal yang terjadi. Padahal, ginjal sendiri berfungsi untuk membersihkan dan menyaring limbah maupun racun yang terdapat dalam darah. Jika ibu hamil mengalami gangguan fungsi ginjal, tentunya kondisi ini berbahaya bagi ibu maupun janin dalam kandungan.

Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa gangguan fungsi ginjal yang bisa terjadi pada ibu hamil di sini!

Kenali Gangguan Fungsi Ginjal yang Rentan Terjadi saat Hamil

Selain menjaga pola makan dan menjalani gaya hidup sehat, rutin melakukan pemeriksaan kehamilan menjadi cara lain yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Ada berbagai gangguan kesehatan yang bisa saja dialami oleh ibu hamil, salah satunya adalah penyakit ginjal.

Saat ibu mengalami penyakit ginjal, tentunya fungsi ginjal tidak dapat berjalan dengan optimal. Bukan hanya membahayakan keselamatan ibu, tetapi juga bayi dalam kandungan. Untuk itu, sangat penting mengenali beberapa jenis gangguan fungsi ginjal yang rentan dialami oleh ibu hamil, agar kondisi ini dapat diatasi atau dicegah dengan baik.

1.Infeksi Ginjal atau Pyelonephritis

Saat menjalani kehamilan, infeksi saluran kemih (ISK) menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sangat rentan terjadi. Kondisi ISK yang tidak diatasi dengan baik, ternyata dapat memicu gangguan kesehatan yang lebih buruk, seperti infeksi ginjal atau dikenal sebagai pyelonephritis.

Bakteri E.coli menjadi penyebab utama dari penyakit ini. Jika tidak diatasi dengan baik, bakteri yang berasal dari kandung kemih dapat menyebar hingga ke ginjal. Sebaiknya lakukan ini untuk mencegah infeksi ginjal saat hamil, seperti perbanyak konsumsi air putih, jangan menahan keinginan untuk buang air kecil, dan selalu jaga kebersihan tangan maupun area genital. Infeksi ginjal yang tidak diatasi dengan baik meningkatkan risiko kelahiran prematur pada bayi.

Baca juga: Infeksi Saluran Kemih Pada Anak, Begini Cara Mengatasinya

2. Gangguan Ginjal Kronis

Gangguan ginjal kronis menjadi salah satu gangguan fungsi ginjal yang juga rentan dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini bisa terjadi ketika infeksi ginjal yang dialami oleh ibu hamil tidak diatasi dengan baik.

Ada beberapa gejala yang berkaitan dengan gangguan ginjal kronis, seperti mual, muntah, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, muncul rasa gatal, dan juga napas yang menjadi lebih pendek. Tidak hanya itu, gangguan ginjal kronis juga menyebabkan ibu hamil dapat mengalami kondisi tekanan darah tinggi.

Gangguan ginjal kronis yang dialami oleh ibu hamil juga dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan yang membahayakan ibu maupun bayi dalam kandungan. Untuk itu, lakukan gaya hidup sehat selama menjalani kehamilan dan berhenti merokok agar ibu terhindar dari penyakit ini.

Baca juga: Waspada, Hipertensi Memicu Gagal Ginjal

Itulah beberapa gangguan fungsi ginjal yang rentan dialami oleh ibu hamil. Segera kunjungi dokter kandungan dan lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan yang terkait dengan kondisi ginjal.

Sumber: halodoc.com

Edit by: Risma Andira


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia