Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh - Yayasan Ginjal Indonesia

09/10/2020

Rajin berolahraga dapat menurunkan risiko jantung.

Jakarta, Yagin.co.id – Beberapa orang masih kurang memperdulikan kesehatan tubuh dengan bermacam alasan. Lalu apa saja cara sederhana yangbisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh?

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting untuk dilakukan bukan hanya di hari-hari tertentu atau saat kita menyadari tubuh sudah mulai lelah namun baiknya dilakukan setiap hari.

Masih ada beberapa orang yang kurang peduli dengan kesehatan dan melakukan pola hidup yang buruk tentu ini akan berdampak negatif terhadap kesehatan.

Menjaga kesahatan akan membawa banyak manfaat selain menjaga kondisi badan tetap prima juga terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kapan saja. Tidak sulit untuk dilakukan cukup dengan niat dan rutin melakukannya.

Mulai jaga kesehatan tubuh dari hal-hal yang sederhana seperti berikut ini:

  1. Menjaga pola tidur

Ilustrasi tidur

Kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan tubuh terkena penyakit dan juga mengganggu konsentrasi. Untuk itu kita dianjurkan tidur minimal 8 jam sehari.

Jika tidak ada pekerjaan yang mengharuskan begadang maka bisa tidur sebelum jam 10 malam dan bangun pagi sebelum matahari terbit. Bangun tidur terlalu siang justru akan membuat badan terasa berat dan lelah. Biasakan untuk tidur cukup dan berkualitas.

  1. Minum air putih

Minum air putih. (Shutterstock)

Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Ketika sampai mengalami dehidrasi badan akan merasakan lemas, sakit tenggorokan hingga pusing.

  1. Olahraga rutina

Ilustrasi olahraga. (Shutterstock)

Berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah berbagai penyakit seperti stroke, mengurangi stres, dan juga dapat mengendalikan berat badan sehingga badan menjadi lebih bugar. Lakukan secara rutin mulai dari yang ringan seperti berjalan kaki, jangan terlalu memaksakan tubuh untuk langsung berolahraga berat.

  1. Konsumsi sayur dan buah

Ilustrasi buah dan sayur. (sumber: Visualphotos)

Di dalam sayur dan buah terdapat kandungan mineral, vitamin serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Studi juga menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, obesitas, dan penyakit lainnya.

  1. Menjaga kebersihan

Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)

Agar terhindar dari penyakit bisa dimulai dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan di antaranya, mandi setiap hari, cuci tangan sebelum dan sesudah makan, dan membuang sampah pada tempatnya. Itulah 5 hal sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sumber : Suara.com

Editor by : Sela Selviana


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia