Jaga Kesehatan Ginjal Sedari Dini - Yayasan Ginjal Indonesia

06/04/2021

06 April 2021

Yagin, Jakarta – Meskipun hanya berukuran kira-kira sebesar kepalan tangan, ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang punya banyak fungsi penting. Dengan menjaga kesehatan ginjal, kamu bisa menjaga kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

Namun, seiring bertambahnya usia, fungsi ginjal bisa menurun. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi alkohol berlebihan, juga bisa memengaruhi kinerja ginjal. Bila ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik lagi, kamu berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan serius. Oleh karena itu, agar ginjal bisa tetap berfungsi dengan baik sampai tua nanti, kamu perlu menjaga kesehatan ginjal sejak dini.

Baca juga: Siapa Sajakah Kelompok Orang Berisiko Alami Gagal Ginjal Akut?

Ginjal Punya Banyak Fungsi Penting untuk Tubuh

Salah satu alasan mengapa kamu perlu memelihara kesehatan ginjal sejak dini adalah sepasang organ yang terletak di bagian bawah tulang rusuk ini punya banyak fungsi penting. Salah satu fungsi terpenting ginjal adalah mereka menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Kemudian, produk limbah tersebut disimpan di kandung kemih untuk nantinya dikeluarkan melalui urin.

Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mengatur kadar pH, garam dan kalium dalam tubuh. Organ tersebut juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot. Kamu perlu memelihara kesehatan ginjal sejak dini agar tubuh bisa menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Masalah Ginjal Bisa Menyebabkan Banyak Masalah Kesehatan

Alasan lain mengapa memelihara kesehatan ginjal penting dilakukan karena masalah atau kerusakan yang terjadi pada organ tersebut bisa memicu perkembangan berbagai penyakit dan bisa memengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan.

Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, penumpukan cairan limbah, bahkan racun bisa terjadi di dalam tubuh. Selain itu, gangguan fungsi ginjal juga bisa membuat organ tersebut tidak bisa mengatur tekanan darah dan produksi sel darah merah dengan baik, sehingga bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi dan anemia.

Sayangnya, kebanyakan orang seringkali tidak menyadari bila ginjal mereka tidak bekerja sebagaimana mestinya, karena penyakit ginjal biasanya tidak langsung menimbulkan gejala atau membuat organ tersebut berhenti bekerja secara tiba-tiba.

Pada kebanyakan kasus, penyakit ginjal memengaruhi kinerja organ tersebut dengan cara yang ringan tapi tetap stabil selama bertahun-tahun. Namun, pada sebagian kecil orang, penyakit ginjal bisa membuat kesehatan organ tersebut memburuk dengan cepat dan menyebabkan masalah yang signifikan. Pada kasus yang parah, penyakit ginjal juga bisa menyebabkan kerusakan organ tersebut secara permanen.

Itulah mengapa memelihara kesehatan ginjal sejak dini penting agar kamu bisa terhindar dari penyakit ginjal yang bisa berakibat serius.

Baca juga: Gagal Ginjal Akut atau Gagal Ginjal Kronis, Mana yang Lebih Berbahaya?

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memelihara kesehatan ginjal sejak dini.

  • Pantau tekanan darah kamu.
  • Kelola kadar gula darah kamu, terutama bila kamu mengidap diabetes.
  • Pantau kadar kolesterol.
  • Minum obat dengan benar dan sesuai anjuran dokter.
  • Batasi asupan garam.
  • Pilih makanan yang baik untuk jantung, seperti buah-buahan segar, sayuran segar atau beku, biji-bijian, dan makanan olahan susu rendah lemak.
  • Batasi konsumsi alkohol.
  • Terapkan gaya hidup aktif, seperti berolahraga secara teratur.
  • Jaga berat badan yang sehat.
  • Jangan merokok.

Baca juga: Hal Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh

Itulah penjelasan mengenai mengapa memelihara kesehatan ginjal sejak dini penting. Bila kamu mengalami gejala-gejala gangguan ginjal, seperti nafsu makan menurun, kram otot, kaki membengkak, atau sering berkemih di malam hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Sumber: halodoc.com

Edit by: Risma Andira


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Nanas No.21, RT.1, RT.1/RW.3, Utan Kayu Selatan, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur – DKI Jakarta

(021) 22325458
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia