Mari Kenali Berbagai Alat Kesehatan & Fungsinya - Yayasan Ginjal Indonesia

22/01/2021

22 Januari 2021

Gambar berbagai alat kesehatan oleh bing.com

Yagin – Jakarta, Alat kesehatan memiliki beragam fungsi yang dapat membantu Anda memantau kondisi kesehatan secara rutin, terlebih jika Anda memang menderita kondisi tertentu. Tak hanya itu, alat kesehatan juga dapat mencegah terjadinya kondisi yang dapat berakibat fatal.

Setiap orang dianjurkan untuk selalu mempersiapkan alat kesehatan di rumah. Hal ini dilakukan agar penanganan awal dapat dilakukan saat terjadi luka ringan atau mengalami suatu gejala, seperti demam atau sakit kepala.

Tak hanya orang sehat, alat kesehatan juga perlu dipersiapkan bila Anda menderita masalah kesehatan tertentu, misalnya asma, diabetes, dan hipertensi. Alat kesehatan tidak harus selalu berukuran besar, berat, atau canggih layaknya peralatan medis di rumah sakit. Sebagian alat kesehatan bersifat sederhana dan berukuran kecil, namun memiliki fungsi besar, misalnya plester.

Alat Kesehatan Standar di Rumah

Siapa pun bisa mengalami luka atau cedera di dalam rumah. Cedera tersebut bisa berupa luka goresan benda tajam, luka bakar, gigitan serangga, atau keseleo. Tak hanya luka, Anda terkadang bisa mengalami keluhan tertentu selama di rumah, misalnya gatal-gatal karena alergi, batuk, pilek, atau demam.

Untuk mengantisipasinya, ada beberapa alat kesehatan standar dan obat-obatan yang sebaiknya selalu tersedia di rumah, yaitu:

  • Perban, kain kasa, dan plester secukupnya untuk menutup luka
  • Gunting untuk memotong kain kasa, perban, atau plester
  • Pinset untuk mengambil serpihan kecil yang menancap pada lapisan kulit atau benda yang tidak sengaja masuk ke lubang telinga atau hidung
  • Sarung tangan medis yang terbuat dari lateks sebagai APD untuk membersihkan luka dan mencegah luka terkena infeksi
  • Termometer untuk memeriksa suhu tubuh

Anda juga bisa melengkapinya dengan menyimpan obat-obatan yang umum digunakan, seperti:

  • Obat batuk
  • Obat antinyeri dan pereda demam, misalnya paracetamol
  • Obat antihistamin untuk meredakan gejala alergi
  • Larutan antiseptik, seperti povidone iodine dan cairan alkohol, untuk membersihkan luka

Alat Kesehatan untuk Kondisi yang Lebih Darurat

Selain alat kesehatan sederhana di atas, sebagian orang dengan kondisi atau penyakit tertentu, sebaiknya mempersiapkan alat kesehatan sesuai kebutuhan. Beberapa jenis alat kesehatan tersebut di antaranya:

1. Kursi roda

Gambar kursi roda oleh bing.com

Demi tetap bisa beraktivitas seperti biasa, ada beberapa orang yang memiliki kondisi khusus yang membutuhkan kehadiran kursi roda. Ini seperti mereka yang memiliki kelainan fisik, orang-orang berusia lanjut dengan kondisi tubuh yang sudah terlalu lemah untuk berjalan kaki sendiri, orang-orang yang harus kehilangan salah satu atau kedua kaki karena alasan tertentu, maupun mereka yang sedang menjalani pemulihan pasca cedera.

Seringnya, kursi roda dibutuhkan untuk membantu orang-orang yang memiliki kebutuhan ini berpindah tempat. Namun, bergantung pada apa yang menjadi penyebab dan bagaimana kondisinya, kebutuhan akan kursi roda bisa bersifat sementara, tetapi bisa pula bersifat permanen atau dibutuhkan selamanya. Misalnya, mereka yang mengalami lumpuh total akan membutuhkan kursi roda selamanya. Namun, mereka yang hanya menjalani pemulihan mungkin membutuhkan kursi roda sementara.

Baca Juga : Jangan Salah, Pilih Kursi Roda Sesuai Kebutuhan Anda

2. Alat tes gula darah

Gambar alat tes gula darah oleh bing.com

Jika Anda memiliki diabetes dan rutin menggunakan obat diabetes, misalnya suntikan insulin, Anda disarankan untuk selalu menyediakan alat tes gula darah.

Alat kesehatan ini berbentuk mesin kecil tanpa kabel yang menggunakan baterai dan dilengkapi jarum kecil steril untuk pengambilan sampel darah, beserta strip untuk menampung sampel darah.

Dengan alat kesehatan ini, Anda dapat memeriksa kadar gula darah kapan saja dan di mana saja, sehingga kadar gula darah dapat selalu dipantau serta dikendalikan agar tidak melonjak atau menurun secara drastis.

Baca Juga : Ketahui Berbagai Macam Alat Tes Gula Darah

3. Tensimeter

Gambar tensimeter oleh bing.com

Tensimeter merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur tekanan darah. Alat kesehatan ini penting untuk tersedia di rumah, khususnya bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Dengan adanya alat kesehatan tersebut, Anda dapat memonitor tekanan darah setiap saat, sehingga tidak perlu ke puskesmas atau tempat praktik dokter. Alat kesehatan ini juga berfungsi untuk memantau apakah pengobatan hipertensi yang diberikan oleh dokter sudah efektif dalam mengontrol tekanan darah Anda.

Baca Juga : Rekomendasi Tensimeter terbaik Versi OMRON

4. Pulse oximeter

Gambar oximeter oleh bing.com

Pulse oximeter adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengukur detak jantung dan kadar oksigen dalam darah. Alat ini perlu tersedia jika Anda memiliki penyakit tertentu, misalnya asma, PPOK, stroke, atau penyakit jantung.

Ada beberapa tipe pulse oximeter yang tersedia di pasaran, namun yang paling umum digunakan adalah pulse oximeter berukuran kecil yang digunakan di ujung jari.

Ketika digunakan, alat ini menampilkan angka dalam satuan persen (%) yang menunjukkan kadar oksigen dalam darah. Dalam kondisi normal, kadar oksigen dalam darah berada di rentang angka 90–92%. Namun, kadar oksigen bisa berkurang ketika Anda mengalami sesak napas atau beberapa tanda dan gejala lainnya.

Jika alat kesehatan ini menunjukkan bahwa kadar oksigen di dalam tubuh Anda menurun, Anda mungkin akan membutuhkan terapi oksigen.

 

5. Tabung oksigen

Gambar tabung oksigen oleh bing.com

Tabung oksigen umum digunakan untuk terapi pengobatan bagi penderita penyakit tertentu, khususnya penyakit kronis, seperti asma, PPOK, stroke, dan gagal jantung.Dokter akan menentukan jenis tabung oksigen dan banyaknya oksigen yang perlu diberikan bila Anda atau anggota keluarga memiliki penyakit tertentu yang membutuhkan terapi oksigen di rumah.

Selain itu, dokter juga akan mempertimbangkan alat penyalur oksigen yang digunakan. Alat tersebut bisa berupa selang atau masker oksigen.Perlu diingat bahwa tabung gas oksigen mudah terbakar dan meledak ketika terpapar suhu panas. Dengan demikian, Anda tidak boleh menyimpan tabung oksigen di dekat dapur atau berdekatan dengan sumber api lainnya.

Alat kesehatan dan fungsi di baliknya dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan sehari-hari dan memantau efektivitas pengobatan yang Anda jalani. Oleh karena itu, jangan abaikan ketersediaan alat-alat kesehatan tersebut, jika memang diperlukan.Namun, sebelum membeli alat kesehatan, ada baiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jenis alat kesehatan yang Anda perlukan.

Dokter juga dapat memberi petunjuk agar Anda dapat menggunakan alat kesehatan tersebut dengan benar, serta menyimpan dan memeliharanya agar tidak cepat rusak.

Sumber: alodokter.com

Edit by: Risma Andira


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia