Minuman Yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal - Yayasan Ginjal Indonesia

28/09/2021

Gambar: BlogTribunJualBeli.Com

 

Yagin, Jakarta- Ginjal merupakan suatu organ yang memiliki peran penting dalam mengatur keseimbangan air dan metabolit dalam tubuh dan mempertahankan kesimbangan asam basa dalam darah. Produk sisa beberapa urin akan meninggalkan ginjal menuju saluran kemih untuk dikeluarkan dari tubuh.

Pastikan apa yang kamu konsumsi merupakan makanan dan minuman yang sehat untuk ginjal. Penuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga ginjal Sayuran yang Baik untuk Pasien Gagal Ginjal  kamu dapat berfungsi secara optimal.

berikut beberapa minuman yang baik untuk ginjal :

  • Air Kelapa

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan ginjal yang pertama adalah air kelapa. Selain menyegarkan, air kelapa juga sangat bagus untuk mengoptimalkan fungsi ginjal. Hal ini tak lepas dari kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa yang bila dikonsumsi secara teratur akan berdampak baik bagi kesehatan ginjal kamu agar lebih maksimal saat menyaring air dan mineral di dalam tubuh.

  • Jus Nanas

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehtan ginjal berikutnya adalah jus nanas. Selain kadar asamnya yang tinggi, di dalam nanas juga terkandung enzim bromelain yang berfungsi menjaga kesehatan ginjal, menurunkan risiko iritasi ginjal, dan meningkatkan sirkulasi darah. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menyingkirkan racun berbahaya.

  • Jus Beri

Tak hanya jus nanas yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal, hal itu juga berlaku untuk jus beri. Adapun jenis buah beri yang baik untuk kesehatan ginjal seperti stroberi, blueberry, raspberry, atau cranberry yang terkenal mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membentengi tubuh dari serangan radikal bebas serta meningkatkan fungsi ginjal. Jus buah berry juga dapat membersihkan ginjal dari tumpukan mineral dan kalsium yang akan berubah menjadi kristal.

  • Jus Buah Bit

Mengonsumsi jus yang terbuat dari buah bit secara teratur dipercaya memiliki manfaat dapat membersihkan ginjal. Hal ini tak lain karena di dalam buat bit terkandung antioksidan yang dapat membantu melarutkan dan membersihkan penumpukan kalsium fosfat dan struvite yang dapat mengkristal di dalam ginjal. Secara tidak langsung hal demikian dapat menurunkan risiko penumpukan batu ginjal yang berbahaya bagi kesehatan.

  • Air Lemon

Makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan ginjal selanjutnya adalah air lemon. Meminum campuran lemon dengan air hangat atau madu dapat meningkatkan fungsi ginjal menjadi lebih sehat. Dalam hal ini, lemon yang bersifat asam akan meningkatkan kadar sitrat pada air seni. Kandungan sitrat yang tinggi akan menghambat pembentukan kristal di dalam ginjal.

Sumber: Merdeka.dom

Edit By: Yunianti 


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia