Musim Hujan Telah Tiba ! Saatnya lebih Menjaga Diri Anda - Yayasan Ginjal Indonesia

08/12/2020

08 Desember 2020

Yagin, Jakarta – Musim hujan telah tiba. Berbagai persiapan tentunya sudah dilakukan dalam menghadapi musim ini, termasuk soal cara menjaga kesehatan tubuh. Sebab, seperti yang kita tahu, musim hujan seringkali jadi waktu rentan munculnya berbagai penyakit, mulai dari flu hingga demam berdarah. Dengan melakukan cara-cara di bawah ini, maka Anda risiko Anda terserang maupun tertular penyakit akan semakin rendah. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Selain dimaknai secara harafiah, Anda juga perlu menerapakan konsep ini dalam hal menjaga kesehatan tubuh.

Cara menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan

Ada satu hal yang sebenarnya merupakan inti dari cara menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan, yaitu menjaga kebersihan. Lebih lengkap, berikut langkah tepat yang bisa Anda terapkan ke diri sendiri, maupun keluarga agar tetap sehat.

1. Rajin cuci tangan

Cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan rajin cuci tangan

Mendapatkan tubuh yang sehat, bisa dimulai dari cara yang sederhana, yaitu rajin cuci tangan. Sebab, banyak virus dan bakteri bermunculan saat musim hujan. Hal ini membuat Anda memiliki potensi besar untuk terjangkit hal-hal berbahaya tersebut dengan hanya menyebrang jalan atau memegang susuran tangga dan kursi di tempat umum yang terpapar air hujan.Cuci lah tangan secara rutin dengan sabun dan air hangat setelah Anda beraktivitas atau keluar rumah. Dengan begitu risiko Anda terkena infeksi virus dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan dapat berkurang.

2. Jangan sentuh wajah Anda

Cara menjaga kesehatan tubuh lainnya adalah dengan mengurangi frekuensi menyentuh wajah. Sebab, virus flu umumnya memasuki tubuh manusia melalui mata, hidung, dan mulut.Oleh karena itu, tahan keinginan untuk mengucek mata, menyeka keringat di dahi, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan menyentuh wajah Anda secara langsung. Gunakan tisu atau sapu tangan bersih jika memang diperlukan untuk melakukan kontak dengan wajah.

3. Lindungi diri dari air kotor

Selokan mampet dan genangan-genangan kotor merupakan pemandangan umum yang dapat Anda saksikan selama musim hujan. Kedua hal tersebut juga merupakan sumber penyakit-penyakit, seperti diare, influenza, kolera, dan infeksi jamur pada kulit.Menutup permukaan kulit Anda merupakan cara menjaga kesehatan tubuh yang terbaik untuk melindungi diri dari penyakit-penyakit tersebut sambil terus aktif beraktivitas. Selain jaket dan jas hujan, Anda juga dapat mempersiapkan sepatu boots karet untuk menghindari genangan-genangan kotor dan banjir.

4. Konsumsi makanan sehat

Makan sayur untuk jaga kesehatan tubuh

Gorengan, cilok, atau otak-otak yang dijual di pinggir jalan mungkin sangat menggoda untuk disantap saat musim hujan. Namun jangan salah, justru pada musim inilah waktunya Anda untuk menghindari makanan-makanan tersebut. Makanan yang dimasak dan dijual pada ruangan terbuka memiliki potensi terpapar dari berbagai virus dan bakteri yang terbawa angin dan air.Agar kesehatan tubuh tetap prima, sebaiknya Anda konsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperit buah dan sayur. Kandungan fitonutrien yang ada di kedua makanan tersebut, baik untuk kesehatan dan dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.Tidak suka sayuran hijau? Tenang, Anda juga bisa menambah variasi makanan sehat dengan mengonsumsi sayuran lain yang mudah diolah menjadi makanan lezat seperti kembang kol. Selain itu, Anda juga bisa menambah asupan protein dengan memperbanyak konsumsi kacang-kacangan.Cara menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan lainnya adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin C. Vitamin C berguna untuk membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga dapat membantu mencegah infeksi bakteri serta virus.

5. Jauhkan nyamuk dari kehidupan Anda

Populasi nyamuk berkembang pesat saat musim hujan karena banyaknya genangan air yang bermunculan. Genangan tersebut biasanya menjadi tempat nyamuk berkembang biak.Untuk mencegah demam berdarah maupun penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk, jangan malas dalam membersihkan rumah secara rutin. Periksa pot bunga, ember yang tidak terpakai, selokan, saluran air, dan tempat-tempat lain yang dapat menampung genangan air. Bersihkan genangan tersebut dan tutup dengan rapat sampai musim hujan berakhir.Krim penangkal nyamuk juga bisa digunakan bila Anda terus terganggu oleh banyaknya nyamuk atau saat ke luar rumah.

6. Minum teh herbal dan air putih

Mengonsumsi teh jahe bisa jaga kesehatan selama musim hujan

Teh herbal memiliki manfaat untuk meredakan batuk, demam, dan radang tenggorokan – yang kesemuanya merupakan penyakit-penyakit umum saat musim hujan. Untuk membuat teh tersebut semakin baik khasiatnya, tambahkan bahan-bahan yang dapat menghangatkan tubuh seperti jahe, cengkeh, basil, atau mint.Manfaat air putih untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Minuman yang satu ini akan membantu tubuh dalam membantu pembuangan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Air putih juga dapat membantu menyingkirkan dahak atau lendir bagi Anda yang sedang mengalami flu.

7. Bawa minyak kayu putih

Terakhir, Anda bisa sedia minyak kayu putih sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan. Aroma minyak kayu putih dapat membantu Anda bernapas dengan mudah dan membuat tubuh lebih rileks. Minyak ini dapat menjadi teman terbaik saat musim hujan ketika hidung tersumbat karena flu, badan terasa lemas karena penyakit lain, atau kelelahan bepergian di musim hujan. Ada beberapa cara untuk menghirup manfaat dan merasakan aromanya yang menenangkan. Anda bisa melarutkannya ke dalam air untuk diusapkan ke wajah, meneteskan ke sapu tangan dan membawanya ke mana pun Anda pergi, atau mengusapkannya langsung di leher dan kepala.

 

Sumber: SehatQ

Edit by: Risma Andira


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia