Penting Diketahui Penyebab Ketika Sakit Perut Sebelah Kiri - Yayasan Ginjal Indonesia

02/06/2021

Yagin, Jakarta – Sakit perut adalah gangguan yang kerap terjadi karena kamu mengonsumsi jenis makanan tertentu, misalnya terlalu pedas atau asam. Bagaimana jika sakit pada perut tidak terjadi karena konsumsi makanan dan terus berlangsung selama beberapa hari secara intens? Terlebih lagi apabila sakit perut yang terasa hanya di sebelah kiri dari bagian tubuh.

Umumnya, sakit perut di sebelah kiri berhubungan dengan masalah yang menyerang saluran pencernaan. Apakah sakit perut sebelah kiri terbilang berbahaya? Berikut adalah penyebab sakit perut sebelah kiri!

Baca juga: Lebih Dekat Dengan Anatomi 

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Usus besar terletak pada bagian kiri perut dan pada perempuan di sinilah letak ovarium. Apabila perutmu merasakan sakit yang terbilang ringan, tidak perlu khawatir. Hal tersebut dapat hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari setelahnya.

Namun, apabila gangguan yang terjadi menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan dan terjadi lebih dari dua hari, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan. Bukan tidak mungkin gangguan berbahaya sedang terjadi dan bisa berakibat fatal. Berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu diketahui:

1. Ovulasi

Salah satu penyebab sakit perut sebelah kiri yang harus diketahui adalah terjadinya ovulasi. Kondisi yang dikenal dengan masa subur ini akan menimbulkan perasaan sakit atau kram pada bagian perut tersebut. Gejala lainnya yang dapat terjadi ketika seseorang sedang dalam mengalami ovulasi adalah timbulnya rasa mual dan keputihan.

2. Gastritis

Gangguan lain yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri adalah gastritis. Hal ini terjadi ketika lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan, atau pengikisan hingga menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri H. Pylori, yaitu bakteri yang menghasilkan lendir di lapisan lambung. Gejala lainnya yang dialami selain sakit perut sebelah kiri atas adalah mual, muntah, serta perut terasa penuh setelah makan.

3. Penyakit Ginjal

Sakit perut sebelah kiri juga dapat terjadi disebabkan terganggunya ginjal , termasuk infeksi ginjal dan batu ginjal. Pada infeksi ginjal, gejala yang timbul berupa sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual dan muntah, serta nyeri di pangkal paha. Sedangkan jika disebabkan oleh batu ginjal, gejala yang umum terjadi berupa sakit perut kiri bagian bawah, keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan urine yang berdarah.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Ginjal Sedari Dini

4. Peradangan Pankreas

Organ lainnya yang berada di sisi kiri perut setiap manusia adalah pankreas. Jika terjadi gangguan pada organ tersebut, maka akan timbul perasaan sakit pada perut bagian kiri atas hingga ke punggung. Gangguan yang kerap terjadi adalah peradangan pada pankreas yang dapat menimbulkan rasa sakit ketika berbaring, makan, dan minum. Gejala lainnya yang dapat dirasakan adalah demam, diare, perut sakit saat disentuh, hingga mual dan muntah.

5. Radang Usus Besar

Radang usus besar juga merupakan gangguan yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri. Penyakit ini terjadi lantaran dinding saluran pencernaan tersebut mengalami peradangan. Gejala yang dapat timbul selain sakit perut adalah diare, kelelahan, berat badan yang menurun, hingga feses yang keluar berdarah atau berlendir. Rasa sakit perut tersebut dapat hilang setelah pengidapnya buang air besar.

Sumber: halodoc.com
Edit by: Risma Andira


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia