Rasanya Yang Sangat Lezat, Makanan Siap Saji Ini Menyimpan Sejumlah Efek Buruk Untuk Kesehatan - Yayasan Ginjal Indonesia

15/11/2021

Gambar: m.jabarnews.com

 

Perlu Diketahui Bahwa Makanan Cepat Saji Menyimpan Beberapa Efek Buruk Yang Bisa Membahayakan Kesehatan Tubuh. Karena Itu, Meski Rasanya Cukup Lezat, Sebaiknya Kita Tidak Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji Seperti Berikut Ini.

Yagin, Jakarta – Keberadaan makanan cepat saji di era modern saat ini sudah semakin menjamur. Karena kelezatannya, makanan cepat saji saat ini telah jadi favorit banyak orang.

Namun perlu diketahui jika makanan cepat saji memiliki banyak efek buruk untuk kesehatan. Bukan tanpa dasar, sebab berbagai penelitian telah dilakukan dan menemukan beragam bahaya yang ditimbulkan oleh makanan cepat saji, mulai dari kanker hingga penyakit berbahaya lainnya.

Tapi sayangnya hal ini seolah tidak begitu digubris oleh masyarakat. Kebanyakan orang tetap saja menggemari makanan cepat saji dan menyantapnya sesering mungkin. Nah, mau tahu makanan cepat saji apa saja yang bisa menimbulkan pengaruh buruk untuk kesehatan ? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Suka Makan Kentang Goreng? Awas, Jangan Dikonsumsi Terlalu Sering

Kentang goreng adalah salah satu makanan ringan yang disukai banyak orang, bahkan sejak ratusan tahun lalu. Karena rasa kentang goreng yang gurih dan asin membuatnya sangat lezat.

Tapi jika kamu termasuk tipe orang yang sering mengkonsumsinya, lebih baik makan dalam batas wajar. Hal ini disebabkan karena kentang goreng bisa menimbulkan efek buruk untuk kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering.

Mengapa demikian? Karena kentang digoreng dengan minyak sayur, yang akhirnya mengandung lemak tak jenuh ganda. Hal ini bisa menghasilkan radikal bebas kanker dalam tubuh. Selain itu, kentang goreng juga cenderung mengandung bahan kimia penyebab kanker yang disebut dengan akrilamida.

2. Jangan Makan Donat Secara Berlebihan Jika Tak Ingin Membahayakan Kesehatan Sendiri

Donat polos memang tidak mengandung banyak kalori dan tidak membahayakan tubuh. Tapi berbeda dengan donat yang diberi berbagai varian rasa dan toping. Jika mengkonsumsi hanya satu buah, mungkin tidak jadi masalah. Tapi biasanya seseorang dapat menghabiskan dua sampai tiga donat dalam sekali makan.

Perlu diingat bahwa di dalam donat berasa tidak terkandung nutrisi sama sekali. Karena itu, sebaiknya jangan mengkonsumsi donat yang mengandung banyak gula secara berlebihan dan terlalu sering ya.

3. Burger Dan Hot Dog, Roti Isi Super Lezat Yang Berisiko Buruk Pada Kesehatan

Kedua makanan ini biasanya diisi dengan daging yang dicampur dengan sedikit mayones, saus sambal, saus tomat dan beberapa sayuran. Yang jadi masalah bukan daging yang ada di dalamnya, tapi banyaknya garam dan pengawet yang digunakan.

Jika terlalu sering mengkonsumsi hot dog, seseorang akan lebih berisiko terserang penyakit jantung, kanker dan diabetes. Di sisi lain, konsumsi burger yang berlebihan juga bisa menyebabkan obesitas, penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Tapi jika sangat ingin mengkonsumsi makanan ini, pilihlah yang organik, dengan kandungan rendah lemak dan sodium.

4. Jangan Terlalu Sering Makan Nugget Ikan Yang Rata-Rata Mengandung Banyak Pengawet

Biasanya para orangtua memberikan nugget ikan pada anak-anaknya. Karena selain praktis, rasanya juga cukup lezat. Tapi ingat, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi nugget ikan jika tak ingin membahayakan kesehatan.

Hal ini dikarenakan nugget ikan yang sudah diolah rata-rata mengandung banyak bahan pengawet, apalagi bila digoreng. Dan kalau ingin makan menu yang lebih sehat, masak sendiri daging ikan yang benar-benar segar dan usahakan hindari ikan olahan seperti ini.

5. Awas Kegemukan Dan Terserang Jantung Hingga Diabetes Jika Terlalu Sering Makan Pizza!

Pizza adalah makanan cepat saji berikutnya yang tergolong tidak sehat. Betapa tidak? Pizza dicampur dengan banyak keju, daging, saus dan berbagai bahan lainnya hingga mengandung sekitar 600 kalori per potongnya. Karena itu, pizza mengandung lemak jenuh, sodium dan karbohidrat yang tinggi.

Mengingat tingginya kalori yang dikonsumsi, kamu akan membutuhkan olahraga cukup keras untuk bisa membakarnya. Hal ini diperlukan agar kamu terhindar dari bahaya obesitas, jantung bahkan diabetes.

6. Gemar Makan Kebab? Mulai Sekarang Kurangi Porsinya Ya Karena Kandungan Gizinya Yang Rendah

Apakah kamu penggemar makanan khas Timur Tengah yang bernama kebab? Makanan satu ini memang cukup lezat dan menggugah selera. Kita bahkan bisa mengatur isiannya sesuai dengan selera. Tapi sebaiknya mulai sekarang jangan terlalu sering makan kebab ya.

Hal ini disebabkan karena seporsi kebab pada umumnya mengandung 620 kalori. Selain itu, satu porsi kebab biasanya mengandung 77,1 gram karbohidrat, 37,87 gram protein dan lemak hingga 16,63 gram.

7. Es Krim Yang Nikmat Menyimpan Banyak Kalori Dan Gula, Karena Itu Jangan Terlalu Sering Dikonsumsi

Es krim memang sangat nikmat dan lezat, apalagi jika dinikmati dalam cuaca yang terik. Selain itu, kandungan di dalam es krim juga bisa membuat mood seseorang jadi lebih baik.

Tapi sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi es krim ya. Hal ini disebabkan karena es krim mengandung banyak kalori dan gula yang tidak kalah banyak dengan sebotol soda. Es krim yang berbahaya ini maksudnya adalah bila dicampur dengan susu dan dijadikan milkshake. Karena jika dijadikan milkshake, kamu akan mengkonsumsi sekitar 1.000 kalori. Sangat tidak menyehatkan bukan?

8. Bacon, Makanan Cepat Saji Yang Bisa Meningkatkan Risiko Kanker Paru-Paru Hingga Diabetes

Makanan cepat saji berikutnya yang tidak baik untuk kesehatan adalah bacon. Hal ini dikarenakan bacon memiliki kandungan nutrium yang tinggi. Tiga potongan saja sudah sangat berbahaya, karena mengandung sodium yang sangat tinggi.

Karena itu, bacon dapat memicu munculnya berbagai masalah kesehatan. Mulai dari dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, meningkatkan risiko kanker paru-paru, diabetes hingga memicu radang usus.

 

 

Sumber: wowkeren.com

Edit By: Yunianti


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia