Saran untuk Ibu Hamil Jaga Kesehatan Diri dan Janin Selama Pandemi. - Yayasan Ginjal Indonesia

07/10/2020

ibu hamil shutterstock

 Jakarta, Yagin.co.id – Kesehatan menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh ibu hamil di tengah mewabahnya COVID-19. Apalagi, mereka harus menjalani pemeriksaan rutin menjelang persalinan. Belum lagi kecemasan lain jika harus melahirkan di tengah ancaman wabah. Namun, ibu hamil tidak perlu terlalu was-was. Jangan sampai wabah virus corona malah membuatmu panik sehingga lupa akan kesehatanmu dan juga janin yang sedang di kandungan. Dihimpun Ayojakarta dari berbagai sumber, berikut 5 tips yang dapat diterapkan agar ibu hamil serta si calon bayi tetap sehat di tengah pandemi virus corona.

  1. Rajin Mencuci Tangan

   Rajin mencuci tangan adalah hal yang paling wajib dilakukan oleh para ibu hamil, sebab tangan merupakan salah satu media penyebaran virus Corona. Apapun yang disentuh di luar sana bisa jadi sudah disentuh oleh orang yang sudah terpapar virus Corona. Refleks menyentuh bagian wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut, bisa berakibat fatal. Sebab, ketiga bagian di wajah itu merupakan pintu masuk yang cukup rentan bagi virus Corona. Terpapar virus Corona tentu bisa membahayakan kesehatanmu yang juga bisa berdampak pada janinmu. Untuk menghindari hal tersebut, rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan di air mengalir. Jika sedang tidak memungkinkan, kamu bisa membersihkan tanganmu dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. Langkah ini diyakini bisa membunuh virus yang menempel di tanganmu.

  1. Hindari Keramaian

  Social distancing atau menjaga jarak merupakan salah satu upaya untuk menghindari penyebaran penyakit akibat virus Corona. Jarak 2 meter dinilai sebagai jarak yang aman agar kamu terhindar dari percikan cairan atau droplet yang dikeluarkan oleh orang yang batuk atau bersin di sekitarmu. Alih-alih menjaga jarak aman, ada baiknya hindari saja kerumunan untuk sementara waktu. Kamu tidak pernah tahu apa yang bakal kamu hadapi karena saat ini dunia sedang “berperang” melawan sesuatu yang tidak terlihat. Selain itu, menghindari kontak langsung dengan orang yang memiliki gejala-gejala virus Corona merupakan langkah yang bijak. Sebagaimana diketahui, gejala umum yang ditemui pada orang yang terpapar virus Corona adalah batuk kering, demam, merasa kelelahan, sesak napas, serta pilek dan diare.

  1. Di Rumah Saja

  Rasanya tidak ada jalan terbaik di tengah wabah Corona saat ini kecuali tetap tinggal di rumah. Opsi dan anjuran ini merupakan langkah yang tepat untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang belum ada vaksinnya ini. Bagi yang bergejala ringan, misalnya, dengan tetap tinggal di rumah tentu bakal menghindari orang lain dari penularan. Sebaliknya, yang sehat dapat tetap menjaga kondisi terbaiknya dan terhindar dari virus Corona dengan tidak berkeliaran di luar rumah. Begitu juga dengan ibu hamil. Jika memang tidak ada hal-hal yang begitu penting, hindari untuk keluar rumah. Fokuslah menjaga kesehatan kamu dan calon bayimu di rumah. Meski begitu, bukan berarti kamu juga harus melewati jadwal kontrol rutinmu. Tetap kontrol kondisi kandungan dan perkembangan janinmu seperti sediakalanya. Hanya, sebisa mungkin hindari penggunaan angkutan umum, terutama di jam sibuk. Buat janji bertemu dengan dokter kandunganmu dan datanglah pada waktu yang sudah disepakati. Hal ini tentu dapat mencegah kamu berada di luar rumah dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, datang pada waktu yang sudah disepakati juga membuat kamu tidak perlu antre dan “berkerumun” di ruang tunggu.

  1. Makan Makanan Bergizi

  Sebagai orang yang sedang berbadan dua, kamu tentunya harus memperhatikan asupan gizi dari apa yang kamu makan demi menjaga kesehatanmu dan janinmu, terlebih di tengah wabah virus Corona saat ini. Seseorang diyakini mampu menangkal serangan virus Corona jika memiliki daya tahan tubuh atau imunitas yang baik. Karena itu, giat mengonsumsi makanan yang bergizi merupakan pilihan yang sangat tepat untuk saat ini. Makanan yang lengkap dan berimbang bisa menjadi pilihan dalam menu sehari-hari. Memakan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein serta sayur dan buah sangat dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, ibu hamil biasanya juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin yang kaya akan kalsium. Asupan vitamin tambahan pun dapat kamu konsumsi agar tetap dalam kondisi prima dan janin dalam kandunganmu berkembang dengan baik. Konsultasikan asupan vitamin tambahan ini dengan dokter kandunganmu ya.

  1. Senam Hamil

   Melakukan aktivitas tubuh atau berolahraga saat berada di rumah juga dianjurkan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh. Begitu juga dengan ibu hamil. Kamu bisa melakukan senam hamil untuk tetap menjaga stamina tubuhmu. Namun, kamu tidak perlu datang ke tempat kamu biasa melakukan senam hamil. Cukup di rumah saja. Pertemuan tatap muka dengan instruktur senam untuk sementara waktu bisa diganti dengan sistem daring. Selain itu, kamu juga bisa melakukan senam hamil dengan memanfaatkan panduan yang ada di internet. Dalam hal ini, tentu saja kamu harus lihai mencari panduan dari ahlinya. Selain itu, semua ibu hamil juga perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya serta melakukan tes kadar vitamin D dalam tubuh. Pasalnya vitamin D sangat penting bagi orang yang sedang mengisolasi diri di dalam rumah selama wabah virus corona Covid-19. Karena, kondisi ini berpotensi membuat seseorang tidak mendapatkan sinar matahari. Ditambah lagi, sebuah penelitian juga menunjukkan risiko kelahiran prematur berkurang sebanyak 60 persen ketika wanita hamil memiliki kadar vitamin D dalan darah sebanyak 40 mg/ml atau lebih tinggi. Jelang persalinan, wanita hamil harus tetap tenang dan santai agar tetap fokus pada perawatan prenatal. Pastikan pula perawatan konsultasi dengan dokter lebih dulu untuk mengevaluasi langkah yang layak dan tidak selama wabah virus corona.

Sumber: ayojakarta.com
Editor : Sarmin


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia