Sayuran yang Baik untuk Pasien Gagal Ginjal - Yayasan Ginjal Indonesia

22/07/2021

“Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Memperbanyak konsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran, dipercaya membantu ginjal berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan pada organ tersebut. Makanan sehat tersebut mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan ginjal.”

gambar oleh: hobisayur.blogspot.com

Yagin, Jakarta – Sayur-sayuran yang kaya serat dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Namun, bukan hanya untuk pencernaan, ada beberapa sayuran tertentu yang juga bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan ginjal, lho.

Ginjal adalah organ kecil di perut bagian bawah yang memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan. Organ ini menyaring produk limbah dari darah dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urine. Ginjal juga bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan kadar cairan dan elektrolit.

Nah, pola makan yang sehat berperan penting untuk membantu ginjal berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan pada organ tersebut. Beberapa makanan tertentu diketahui ramah untuk ginjal dan bisa memberi banyak manfaat baik untuk kesehatan organ tersebut. Salah satu makanan tersebut adalah sayuran. Yuk, cari tahu sayuran apa saja yang baik untuk ginjal di sini.

Baca juga: Jaga Kesehatan Ginjal Sedari Dini

Sayuran yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Perlu diketahui, orang yang mengidap penyakit ginjal disarankan untuk mengurangi asupan sodium, kalium, dan fosfor. Hal itu karena ginjal yang sedang bermasalah tidak bisa berfungsi dengan optimal untuk mengurangi kelebihan nutrisi tersebut. Sayangnya, kalium bisa ditemukan dalam banyak sayuran, seperti brokoli dan sayuran hijau (kecuali kale). Jadi, tidak semua sayuran baik untuk kesehatan ginjal.

Meski begitu, masih ada beberapa jenis sayuran lain yang rendah kalium, dan kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan ginjal. Berikut sayuran yang baik untuk ginjal:

1. Kale

Sayuran hijau yang cantik ini kaya akan vitamin A dan C, kalsium, dan banyak mineral penting lainnya. Kale juga merupakan sumber karotenoid dan flavonoid yang baik, yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan anti kanker. Tidak hanya itu, kale juga mengandung sumber vitamin K yang signifikan.

Namun, kamu yang mengonsumsi pengencer darah, seperti warfarin, harus berbicara dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi makanan yang kaya vitamin K. Kale juga mengandung kalium dalam jumlah yang sedang, sehingga tidak cocok untuk orang-orang yang menjalani dialisis dan mereka yang membatasi kalium.

2. Kubis

Kubis masuk dalam keluarga sayuran silangan yang kaya akan kandungan fitokimia, senyawa kimia dalam buah atau sayuran yang memecah radikal bebas sebelum merusak tubuh. Banyak fitokimia juga dikenal bermanfaat untuk melindungi dan melawan kanker, serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Selain itu, kubis juga kaya akan vitamin K, vitamin C, dan serat, serta vitamin B6 dan asam folat yang baik. Rendah kalium dan harganya terjangkau membuat kubis menjadi pilihan makanan yang baik untuk diet ginjal.

3. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan vitamin A C, K, dan folat. Beta-karoten yang ditemukan dalam bayam juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan melindungi penglihatan mata.

Sayuran bayam juga merupakan sumber magnesium yang baik. Kamu bisa memasukkan bayam ke dalam menu makanan untuk ginjal yang sehat.

4. Kembang Kol

Jenis sayuran silangan lainnya yang juga baik untuk kesehatan ginjal adalah kembang kol. Sayuran ini kaya vitamin C dan sumber folat dan serat yang baik. Kembang kol mengandung indoles, glukosinolat dan tiosianat yang tinggi, yaitu senyawa yang membantu hati menetralkan zat beracun yang bisa merusak membrane sel dan DNA.

Baca juga: Menguak Jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Gagal Ginjal

5. Lobak

Lobak adalah sayuran renyah yang bisa menjadi pilihan makanan yang sehat untuk diet ginjal. Hal itu karena sayuran ini rendah potasium dan fosfor, tapi tinggi dalam banyak nutrisi penting lainnya. Lobak kaya akan vitamin C, antioksidan yang sudah terbukti bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan katarak.

Kehatan ginjal. Bila kamu mengalami gejala-gejala, seperti sering buang air kecil, nafsu makan menurun, dan bengkak di pergelangan kaki, bisa jadi itu adalah gejala gangguan ginjal.

Sumber: Halodoc.com

Edit by: Risma Andira


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia