Tau Nggak Fungsi Utama Ginjal? Organ Yang Harus Selalu Di Jaga - Yayasan Ginjal Indonesia

30/09/2020

ilustrasi gambar @freepik.com

Yagin.co.id – Ginjal adalah satu di antara organ utama dan penting yang ada di dalam tubuh manusia. Organ ini memiliki beberapa tugas vital seperti halnya jantung.

Beberapa fungsi utama ginjal adalah menyaring darah, membuang limbah, dan racun yang tertumpuk di dalam tubuh manusia. Ginjal juga berfungsi untuk mengeluarkan urine dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan kadar cairan yang berkaitan langsung dengan metabolisme. Lantaran organ ginjal terletak dalam tubuh, terkadang banyak orang yang tidak tahu dan tidak menyadari ginjal mereka sedang bermasalah.

Itulah mengapa, penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Beberapa caranya, seperti dengan rajin berolahraga, mengonsumsi air putih secara rutin, dan menghindari minuman beralkohol. Jika kondisi ginjal terjaga dengan baik, fungsi vitalnya di dalam tubuh juga akan berjalan dengan baik, serta menurunkan risiko terkena gangguan organ dan penyakit.

Lalu, sebenarnya apa saja fungsi utama ginjal di dalam tubuh? Berikut fungsi utama ginjal.

1. Menyaring dan membersihkan darah

Organ ginjal memiliki peran yang sangat penting dalam membuang racun yang tertumpuk di dalam tubuh. Jika tidak dikeluarkan, racun-racun tersebut akan sangat berbahaya bagi tubuh. Nefron merupakan satu di antara bagian di dalam ginjal yang bertugas menyaring racun dari dalam darah. Ginjal setiap harinya dapat menyaring kurang lebih 200 liter darah dan serta dua liter zat sisa.

2. Menghasilan hormon

Ginjal dapat berfungsi untuk menghasilkan hormon penting di dalam tubuh. Hormon yang dihasilkan adalah eritroprotein (EPO). Hormon ini berfungsi sebagai perangsang untuk meningkatkan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.

3. Membentuk urine

Fungsi ginjal yang paling umum dan sudah banyak diketahui orang adalah membentuk urine. Urine pada umumnya terdiri dari air, urea, dan ammonia, berisi zat dan senyawa buangan yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Itulah mengapa, demi lancarnya sekresi cairan, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan ginjal dengan cara berolahraga dan memperbanyak minum air putih.

ilustrasi@viva.co.id

4. Mengendalikan kadar gula darah

Fungsi ginjal sangat berkaitan dengan produksi hormon insulin dan adrenalin. Kedua hormnon tersebut berfungsi mengatur kadar gula darah di dalam tubuh.

Insulin bertugas menurunkan kadar gula darah jika terlalu tinggi, begitu sebaliknya, adrenalin bertugas menambah kadar gula darah jika terlalu rendah. Itulah mengapa, penting untuk menjaga kesehatan ginjal agar kadar gula di dalam darah terjaga dengan baik dan seimbang sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit.

5. Menjaga kesehatan tulang

Jika Anda berpikir ginjal tidak ada kaitannya dengan tulang, itu merupakan pikiran yang keliru karena satu di antara fungsi ginjal adalah memproduksi calcitriol, zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat.

6. Memproduksi sel darah merah

Sel darah merah yang diproduksi di sumsum tulang ternyata diatur oleh organ ginjal. Ginjal akan memproduksi hormon erythropoietin yang berguna untuk merangsang produksi sel darah merah di dalam sumsum tulang.

7. Menjaga keseimbangan air

Ginjal memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. Jika ginjal tidak bisa bekerja dengan baik, sudah bisa dipastikan tubuh akan mengalami kekeringan dan terjadi dehidrasi berlebih karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya, tubuh akan terlalu banyak kandungan air karena kebanjiran cairan di dalam tubuh yang menumpuk dan tidak terbuang.

8. Mengatur kadar asam dan basa tubuh

Fungsi ginjal lainnya yang jarang diketahui adalah mengatur keseimbangan jumlah asam dan basa dalam tubuh. Jika jumlah satu di antaranya dianggap telah melebihi batas normal, ginjal akan membuangnya bersamaan dengan urin.

Jadi jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, Maka akan lebih rentan terkena penyakit yang erat kaitannya dengan kelebihan jumlah asam atau basa tubuh.

Sumber dari: Bola.com (Rheza Aditya Gradianto/Aning Jati)

Editor by: Sarmin 


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia