Tips Menjaga Kesehatan saat Pancaroba Musim Hujan - Yayasan Ginjal Indonesia

01/11/2021

 

Gambar by: orami.co.id

 

Yagin, Jakarta- Musim pancaroba telah tiba. Tubuh wajib beradaptasi menghadapi musim pancaroba khususnya ancaman perubahan cuaca ekstrem.Tubuh wajib beradaptasi menghadapi musim pancaroba khususnya ancaman perubahan cuaca ekstrem.

Beberapa tips menjaga kesehatan saat pancaroba tetap bersemangat saat beraktivitas:

  • Menjalani Pola Makan Sehat 

Kebiasaan makan yang sehat tentu turut mendukung kondisi fisik Anda selama menghadapi musim pancaroba. Konsumsi makanan dengan asupan gizi seimbang setiap hari.Hindari asupan karbohidrat, gula, dan lemak berlebihan yang membuat tubuh menimbun kalori berlebihan. Bila Anda menyukai kopi susu gula aren atau bubble tea, sebaiknya diperhatikan porsinya. Selain itu, tingkatkan porsi konsumsi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan sebab bahan makanan tersebut mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Anda juga tak boleh lupa mengonsumsi air dalam jumlah cukup, minimal 2 liter per hari.

  • Berolahraga Secara Teratur

Olahraga teratur merupakan kebiasaan agar tetap sehat yang tak boleh Anda abaikan.Anda bisa memilih olahraga permainan seperti bulutangkis, futsal, atau basket supaya tidak mudah bosan, waktu untuk berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Durasi olahraga bisa ditingkatkan secara bertahap bila Anda sudah mulai rutin berolahraga.

  • Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Ketika tidur, sel-sel tubuh melakukan regenerasi dan memulihkan kondisi fisik yang sudah lelah beraktivitas seharian.Anda harus memiliki waktu tidur minimal 8 jam sehari untuk mempertahankan kesehatan. Kurang tidur dalam jangka waktu lama menimbulkan berbagai risiko kesehatan, seperti nafsu makan berlebihan, emosi tidak stabil, tubuh tidak fit, dan kurang konsentrasi yang memicu komplikasi penyakit serius.

  • Menjaga Kebersihan Diri Sendiri dan Lingkungan

Anda juga harus lebih cermat menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan ketika menghadapi musim pancaroba. Lakukan beberapa hal sederhana ini supaya Anda sekeluarga tetap sehat:

  1. Cuci tangan setelah beraktivitas, sebelum makan, dan setelah beraktivitas di toilet.
  2. Langsung mengganti pakaian dan mandi usai beraktivitas di luar rumah.
  3. Membersihkan lingkungan sekitar rumah agar bebas sampah dan genangan air.
  4. Rutin membersihkan seluruh ruangan di rumah, termasuk tempat yang sulit dijangkau seperti bagian bawah lemari, langit-langit, dan sela-sela kusen jendela.
  • Berjemur di Pagi Hari

Bangun pagi setiap hari membuat Anda punya waktu yang cukup untuk berjemur. Anda bisa meluangkan waktu untuk berjemur sambil melakukan olahraga ringan di luar rumah. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, serta daya tahan tubuh. Pancaran sinar matahari pagi selama berjemur akan membuat Anda selalu sehat dan produktif.

 

Sumber: BCAlife

Edit by: Yunianti 


Sekretariat
Yayasan Ginjal Indonesia
Jl. Kayu Manis X No.34, RW.1, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13130

(021) 22111610
admin@yagin.co.id
Nomor Rekening

  3420406923
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  0060009995014
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

  706016648600
  a/n. Yayasan Ginjal Indonesia

bt_bb_section_top_section_coverage_image

© 2021 | Yayasan Ginjal Indonesia